Thursday, September 28, 2006

Bulan Tarbiyah Bangeeetttt..!

Ngeblognya nyicil.. judul duluan dipublish isinya nyusul nii..:)

Allah SWT memang bermaksud mendidik banyak orang dalam bulan ramadhan yang diciptakanNya. Ramadhan dengan segala keistimewaannya dan memang hanya ditujukan kepada orang-orang yang mengimaninya saja maka jadilah bulan yang hanya ada satu kali dalam setahun ini betul-betul menjadi bulan Tarbiyah. Dan tidak akan dilewatkan begitu saja oleh yang mengharapkan menjadi 'sarjana' dimataNya.

Coba saja perhatikan hal berikut ini:
Allah SWT mendidik Kepala Rumah tangga
Yup.. kewajiban seorang kepala rumah tangga diantaranya adalah memenuhi kebutuhan rumah tangga, dalam hal ini yaitu menyediakan nafkah yang halal untuk keperluan berbuka dan bersahur untuk keluarga yang dipimpinnya. Subhanalloh merupakan kesempatan mendapat keridhoanNya yang luar biasa itu.. Bagaimana tidak? keutamaan berbuka dan bersahur anggota keluarganya dalam tanggungan seorang Kepala Rumah tangga! Betapa Allah SWT akan mengasihinya di dunia dan di akhirat kelak bilamana ia berjuang keras memenuhi dan tulus ikhlas menunaikannya..

Allah SWT mendidik Ibu Rumah Tangga
Tentu saja ibu rumah tangga adalah yang berikutnya, karena sungguh besar peranannya dalam mensukseskan ibadah dalam bulan ramadhan anggota keluarganya. Dari mulai mengkondisikan putra-putrinya hingga bekerja sama dengan suami untuk menghidupkan Ramadhan dalam keluarganya. Hanya dengan kesabaranlah seorang ibu diizinkan Allah dapat membangunkan putra-putrinya untuk bangun sahur dan bertahan menahan lapar dahaga karena Allah disiang harinya. Adalah bukan hal mudah membangunkan sahur pada anak-anak. satu dua tiga anak, semakin banyak anak karakter dan mood anak semakin variatif. Belum lagi ketika sang ibu karena lelahnya baru terbangun dekat waktu imsak.. sedangkan anak-anak tetap harus dibangunkan penuh kesabaran agar mood dan motovasi shaumnya terjaga! Salah pendekatan akibat waktu sahur mepet bisa mengakibatkan kacau balau lah persiapan seorang or banyak -anaknya untuk puasa di siang harinya. Bukan nya begitu ibu-ibu yang punya putra putri? palagi Ibu yang punya pasukan kayak daku nii..
Disamping itu.. dengan tugas ibu yang begitu berlapis-lapis ibadah pribadinya harus tetap sesuai target bila tak ingin ramadhannya hanya menjadi kumpulan spot disana-sini.
Dengan bulan tarbiyah ini diharapkan seorang ibu dapat memanaj hari-hari di bulan lain dalam menjalankan multifungsinya... ya ga? ya kan, ya sih.. yaa doong!^-^

Tiada daya dan upaya.. hanya atas kekuatan dariMu jua ya Allah.. kami para ibu bisa sampe di ramadhan ke 8 ini dalam usaha meminimalisir sekecil-kecilnya spot ramadhan.

Allah SWT mendidik Anak-anak
Kewajiban berpuasa adalah bagi yang telah baligh dan dia muslim. Sehingga mengajarkan berpuasa kepada anak sebaiknya bertahap. Hikmah belajar puasa Ramadhan pada anak diantaranya adalah mengajarkan seperti inilah puasa dengan segala kebaikan karenanya.. sehingga seperti demikian pula dengan puasa sunah lainnya di bulain lain selain ramadhan.
Bukankan mendidik diwaktu kecil itu bagaikan menulis diatas batu? yang akan terus melekat hingga menjadi seorang muslim dewasa kelak? akan berbeda tentu dengan menulis diatas pasir yang mudah hilang ketika air datang... jadi walaupun mereka masih kanak-kanak input tentang dan bagaimana puasa lebih baik bila diberikan

Allah SWT mendidik para Lajang
Sepertinya jadi lajang jaminan ramadhan tanpa halangan rintangan ya..?
Tapi belum tentu demikian kata yang mengalaminya. Ujian dari Allah ditebar kepada semua yang menyatakan diri beriman berislam tinggal tingkat keimanan dan keislaman seseoranglah yang dapat menjadi ketahanan hingga melampaui ujian yang Allah berikan. Karena bukankah ujian itu untuk mengetahui tingkat keimanan dan keislaman seseorang? seperti evaluasi gitu, sehingga bagi yang menyadari tentu akan menggunakan masa 'ujian' itu untuk meningkatkan diri menggapai taraf yang lebih baik di mata Allah SWT.. walau demikian Allah SWT mengajarkan kita doa seperti berikut..
"Ya Allah Tuhanku.. jangan timpakan kepada kami beban yang tidak mampu kami memikulnya.. Sungguh Allah SWT itu maha Pengampun lagi maha Penyayang.. tiadalah pernah Allah bermaksud mendzolimi hambaNya sedikitpun.."

Mungkin dengan keleluasan seorang lajang Allah SWT hendak mendidik menggunakan kesempatannya yang banyak itu untuk memohon kepadaNya atas segala harapan yang masih jadi impian.. apalagi dalam bulan ramadhan yang berkah ini... Sesungguhnya Allah adalah maha Pengabul Doa..
Betuuull!! doaku satu persatu dikabulkanNya.. doa mana ya yang masih ditangguhkanNya (?)*mikir*

Allah SWT mendidik si kaya dan si miskin
Kepada si kaya Allah mendidiknya turut merasakan lapar dahaga yang menjadi hari-hari si miskin. Sehingga dari kehausan dan kelaparan si kaya akan menggerakan nuraninya untuk berbagi sebagian miliknya dengan si miskin... Alangkah mulianya si kaya yang jadi ikhlas mengasihi si miskin karena pendidikan Allah ini...
Kepada si miskin mungkin Allah hendak mendidik agar lapar dan dahaga kesehariannya itu bila jadi sebuah puasa yang ikhlas dan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah -kelak dapat disadari sebagai karunia yang teramat besar...
Betapa Allah SWT akan menjatuhkan IbaNya kepada si miskin yang seperti ini...

waAllahu a'lam bishowab... hanya celoteh kecil ketika ada waktu free dikit..
ampuni hamba Tuhanku...bila tidak jadi manfaat...

2 comments:

putri said...

Bener deh... pengalaman kalau ibunya gak bangun sahur, eh anaknya kalah deh puasanya hiks... kejadian jg ama saya hari Minggu lalu.

Apa kabar nih? Semoga sehat2 ya... btw.suami dah balik ke Bdg?

muslim-kaya said...

Assalamu'alaikum, salam kenal....Subhanallah, tulisan yang selain memberikan pencerahan ide baru juga sangat inspiratif kawan, nice blog, keep on blogging!!! :-) artikel-artikel untuk menjadi muslim kaya juga bisa aku temukan di sini : http://muslim-kaya.blogspot.com/